About

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng, Wadah untuk yang mau Bekerja/Berusaha/Berkarya dengan Sistem Berjamaah

Sekapur Sirih

SALIRA CO ID adalah suatu Perkumpulan Kelompok Tani Ternak, yang memiliki Mimpi ingin Sukses dalam hal Tani & Ternak, dengan cara Sistem Kerja Berjamaah Berkelompok (dikerjakan secara bersama-sama dalam pemikiran dan pengelolaannya).

Cara Kerja Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng

1. Salah-seorang Anggota Kelompok memiliki Sebidang Tanah (Sawah, Kolam atau Kebun), misalnya Sawah

2. Sawah tersebut lalu dikelola oleh Semua Anggota Kelompok (kecuali dia yang memiliki Sawah, tidak ikut mengelola, itu sebagai bentuk kompensasi karena dia telah berjasa dengan bersedia memberikan hak guna pakai untuk Sawah kepada seluruh anggota).

3. Hasil tani dibagi rata (termasuk kepada pemilik sawah)

SALIRA, Wadah untuk Berkarya Sistem Berjamaah, Mengharap Sukses dan Berkah (Dengan Berjamaah Kita Kuat)

4. Absensi Harian menentukan Pendapatan, artinya, ketika ada seorang anggota yang mangkir (tidak hadir kerja) tanpa alasan keterangan yang jelas (sakit atau kepentingan keluarga mendesak), maka yang bersangkutan tidak mendapatkan upah pada hari tersebut, dan bagiannya akan diberikan secara Rata kepada anggota-anggota yang hadir kerja (dalam hal ini, pemilik sawah tidak ikut kebagian)

5. Ketika ada pengembangan lahan (sawah) yang baru dari pemberian hak pakai sawah dari seorang anggota yang memiliki sawah dan bersedia untuk boleh digunakan oleh kelompok, maka Sawah yang baru itu akan dikelola juga oleh semua anggota (terkecuali pemilik lahan tersebut, dia tidak ikut mengelola tetapi kebagi hasilnya, dengan nilai yang RATA, sama nilainya dengan tiap anggota yang mengelola). Dan jika ada anggota yang tidak bersedia ikut mengelola lahan baru tersebut, maka hal itu tidak apa-apa, tetapi yang bersangkutan tidak akan diikutkan ke sistem pembagian hasil usaha dari lahan baru tersebut, dan anggota yang tidak ikut mengelola lahan baru adalah tetap menjadi anggota kelompok. Inilah Keadilan di kelompok kami.

6. Ketika ada perlu dana untuk modal usaha kelompok, dan uang kas kelompok tidak mencukupi, maka akan di handle dulu oleh salah-seorang anggota atau lebih, yang memang memiliki dana pribadi yang lebih, dan itu sifatnya Pinjaman dengan tanpa Bunga. Selanjutnya, dalam setiap bulan, cicilannya akan di bayarkan kepada pemberi modal untuk kelompok tersebut (dari hasil usaha kelompok tentunya). Jadi kami se optimal mungkin mencari sumber dana (modal) dari anggota dulu, dengan tidak ada Bunga Pinjaman. Sebetulnya bisa saja dilakukan rame-rame dalam hal pengadaan modal tersebut, tapi kami sadar bahwa tidak setiap anggota memiliki banyak uang, mereka memiliki semangat juang tinggi saja (misalnya), maka yang memiliki uang lebih lah yang handle, dan dia harus ikhlas, karena tidak ada sistem Bunga dalam cicilan pembayaran utangnya.

SALIRA, Wadah Untuk Belajar Berkarya di Bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan ; Dengan Sistem Berjamaah

7. Jika terjadi pailit dan bangkrut, maka utang kelompok kepada salah seorang anggota kelompok (yang meminjamkan utang) adalah menjadi tanggung jawab semua anggota kelompok dan harus di bayar rame-rame kepada yang meminjamkan uang tersebut.

8. Seorang Anggota Kelompok (Pemilik Lahan) memiliki Hak untuk memutuskan secara sepihak tentang hubungan kerjasama dengan Kelompok, dan disampaikan di Rapat Anggota.

Kesimpulan

Sistem Kelompok Kami ini adalah benar-benar membutuhkan Kepekaan Sosial yang tinggi, Peduli terhadap orang lain yang tidak mampu dalam hal modal, tapi memiliki semangat kerja yang tinggi. SEMOGA YANG TELAH IKHLAS MEMBERIKAN HAK GUNA PAKAI SAWAH/KEBUN/KOLAM untuk Kelompok, yang bersangkutan diberikan Rezeki yang Berkah (yang tidak disangka-sangkanya dari berbagai arah dan cara) dan Semoga Amal baiknya diterima oleh Alloh SWT. Amin.

Singaparna, 4 Februari 2018
Pipih Pirmansyah
Ketua Kelompok

Tembusan:
1. Kepala Desa Sukaherang
2. Kepala Dusun Leuwiseeng
3. Para Ketua RW Dusun Leuwiseeng
4. Para Ketua RT Dusun Leuwiseeng

KELOMPOK TANI TERNAK
“SALIRA LEUWISEENG”
No. Register : 6017102432101230
Badan Hukum : AHU-0015348.AH.01.07.TAHUN 2017

Alamat: Dusun Leuwiseeng, Desa Sukaherang,
Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.