DARI REDAKSI
SALIRA TV - SIARAN TELEVISI STREAMING 24 JAM DARI INDONESIA, MEMBUKA LOWONGAN KERJASAMA KEPADA ANAK MUDA UNTUK MENJADI WARTAWAN ATAU REPORTER SALIRA TV NEWS UNTUK DITEMPATKAN DI KABUPATEN ATAU KOTA NYA MASING-MASING. HUBUNGI WA CENTER SALIRA TV DI 0838-9640-3437.
Tupoksi Salira TV - Siaran Televisi Streaming 24 Jam dari IndonesiaWatch Now Salira TV LIVE directly at salira.co

Tips Menulis Rilis Berita di Media Online Salira TV

Jurnalisme Warga Salira TV – salira.co.id – Dibawah ini, kita akan rangkum Tips Menulis Rilis Berita di Media Online Salira TV, yaitu :

1. Rekam semua perkataan Narasumber, jangan ada yang terlewat atau terpotong

2. Luangkan waktu untuk memutar ulang hasil rekaman tadi (jika perlu berulang-ulang memutarnya) agar lebih memahami apa yang disampaikan narasumber

3. Tulislah apa yang dikatakan narasumber, harus sama dengan apa yang disampaikannya. Tidak boleh dilebih-lebihkan dan tidak boleh dikurangi maknanya.

Penulisan dengan dua cara, dua-duanya dipergunakan dalam satu rilis berita :

Yaitu dengan Kalimat langsung, dengan ditandai akhiran: katanya, ujarnya, terangnya, pungkasnya.

Juga diselingi dengan Kalimat tidak langsung, cirinya dengan menulis memberitakan apa yang disampaikan narasumber (tetapi tidak ada akhiran katanya, terangnya, ujarnya, pungkasnya).

Dalam menulis rilis berita, seorang Wartawan tidak boleh menyisipkan opini pribadinya perihal tema materi yang diberitakan. Tugas wartawan hanya menulis, hanya menyampaikan saja apa yang dikatakan oleh Narasumber, tidak kurang, tidak lebih.

Berbeda dengan penulisan Artikel yang sarat dengan opini pribadi dan pemahaman pribadi penulis artikel bisa ditulis secara mendalam dalam sebuah artikel, tapi tidak untuk Berita. (Tim Redaksi)