Bazar Tani Salira, Untuk Kehidupan Ekonomi Petani yang Lebih Baik

  • Share

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Kita sudah sangat terbiasa mendengar, melihat dan bahkan berkunjung ke Bazar Umum yang berisi macam-macam barang dagangan, bukan? – Nah jika “Bazar Tani”, mungkin teman-teman agak aneh mendengarnya.

Ya, Bazar Tani adalah suatu ide acara Bazar seperti biasanya, hanya saja – barang dagangan yang di pamerkan dan atau untuk dijual di acara Bazar adalah khusus produk-produk dari hasil Tani wilayah tersebut.

Ini adalah masih langka ada dan masih sedikit orang / petani yang mau melakukannya. Tetapi jika terdapat dorongan / motivasi dari Pemerintahan Setempat, mulai dari Tingkat Pemda (Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi) kemudian ke Pemda tingkat Kabupaten atau Kota, lalu ke Kecamatan dan lalu ke Tingkat Pemerintahan Desa, maka kami yakin masyarakat akan mau dan antusias melakukan aktifitas Bazar Tani ini.

Bentuk dukungan yang bisa diberikan oleh Pemerintah kepada para petani agar mereka (petani) senantiasa dapat terus semangat untuk nantinya antusias dalam acara Bazar Tani ini adalah misalnya dengan pemberian atau hibah alat-alat yang diperlukan untuk kegiatan tersebut, diantara :

1. Seperangkat Sound Sistem yang nantinya Khusus digunakan untuk Acara Bazar Tani

2. Subsidi dan atau menanggung untuk Biaya Koneksi Internet karena di acara Bazar Tani tersebut nantinya dilengkapi dengan fasilitas WiFi Gratis untuk semua pengunjung – selama acara Bazar Tani berlangsung

3. Peralatan Live Streaming untuk Promosi mandiri acara Bazar Tani itu, sehingga keseluruhan acara Bazar Tani bisa diketahui dan ditonton dengan mudah oleh semua orang yang dari jauh di dunia ini (atau yang berada jauh di luar daerah) dengan cara menonton live streaming youtube nya).

Peralatan yang dibutuhkan adalah diantaranya :

a. Beberapa Camera untuk menangkap setiap sudut penting wilayah, misalnya minimal terdapat 4 camera, lebih banyak lebih baik.

b. Seperangkat Alat untuk Live Streaming itu sendiri, dengan PC (Personal Computer) Khusus yang didesain untuk keperluan Live Streaming menggunakan Software VMIX.

c. Dan uang saku untuk Sumber Daya Manusia yang mengoperasikan itu semua.

4. Peralatan Media Promosi lain misalnya untuk pembuatan spanduk, banner, kemudian pembelian Lampu-lampu Hias seperti lampu hias di Outdoor Cafe.

5. Dan lain sebagainya, media pendukung untuk kegiatan acara Bazar Tani.

Kami yakin jika Pemerintah lebih Pro Aktif dengan hal itu, maka masyarakat / dalam hal ini para Petani akan lebih bersemangat dalam bertaninya dan berdampak ke lebih bagusnya hasil dari pertanian. Amin.

  • Share