Tips Membangun Usaha Wisata Kolam

34 views

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Ada beberapa ide usaha untuk hal topik Wisata Kolam. Kita bisa memilih salah-satunya saja, atau memilih beberapa, juga boleh memilih semuanya (jika modal dan lokasi tersedia mencukupi).

Hal yang paling wajib ada di Usaha Wisata Kolam adalah adanya Tim Kebersihan Lingkungan. Ini adalah penting karena lingkungan yang kotor akan membuat banyak pengunjung tidak betah, kecuali untuk pengunjung yang tidak peduli kesehatan yang notabene biasanya adalah dari masyarakat bawah.

Jadi keberadaan tim kebersihan yang fokus ditugaskan untuk senantiasa menjaga area wisata menjadi bersih, cerahm harum (tidak kotor), tidak ada sampah, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kebersihan, itu wajib ada. Mereka (tim kebersihan) adalah orang-orang penting untuk suksesnya usaha tempat wisata kita. Jadi jangan anggap remeh / selepe mereka.

Baiklah, disini saya akan menambahkan kata “Salira”, sebagai contoh ya, hanya untuk sample saja dan semoga menjadi do’a sehingga dapat terlaksana demikian, amin.

1. Kolam Renang Anak Balita Salira

Ini adalah standar kolam renang profesional. Memang lumayan mahal biaya pembangunannya. Tapi sangat menjanjikan usaha Kolam Renang Anak Balita Salira ini. Amin.

2. Kolam Tangkap Ikan Balita Salira

Ini agak mendingan tidak setinggi biaya pembuatan kolam renang seperti point 1 diatas. Ini bisa hanya di plur saja dasar kolamnya dan lalu di cat kolam warna biru misalnya lalu kasih ketinggian air 40 cm. Beberapa ikan di cemplungin ke kolam, lalu anak-anak balita pada menangkap ikan disana.

Ikan yang berhasil di tangkap, pada ending nya harus dilepaskan lagi yaitu dengan cara dikasihkan ke petugas jaga.

Ikan yang digunakan adalah ikan mas.

3. Kolam Mancing Ikan Balita Salira

Hampir mirip dengan “Kolam Tangkap Ikan Balita Salira”, hanya saja ini ikan kolamnya di pancing pakai pancingan yang tidak menggunakan kail beneran. jadi si umpan nya cukup di ikat saja oleh seutas benang lalu di arahkan ke ikan mas yang ada di kolam. Ketika si ikan menangkap makanan yang di ikatkan oleh benang pada pancingan tersebut, maka makanan akan terlepas dari benang. Ini aman untuk mulut dan bibir ikan karena tidak memakai kail pancingan, lagian jika memakai kail pancing beneran ini sangat bahaya karena yang mancing nya juga anak-anak balita.

Ikan yang digunakan adalah ikan mas.

Nah, untuk dapat menikmati ketiga fasilitas tersebut diatas yang diselenggarakan oleh Wisata Kolam Salira, maka setiap pengunjung (termasuk si Balita nya, karena memang yang akan berperan nya justru adalah balita nya kan) itu di tarif Rp. 5.0000,-. jadi uang tiket masuk lima ribu rupiah itu (hanya sample) adalah bisa menikmati semua ketiga fasilitas diatas.

Murah meriah khan?

Semoga meng inspirasi dan bermanfaat. (PP)

Tags: #Kolam #Membangun #Tips #Usaha #Wisata #Wisata Kolam