Belajar Merangkai Metode Beternak Pembesaran Bebek Pedaging Sistem Santai & Modern

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Ini adalah gambaran umum untuk bagaimana sebuah Usaha Peternakan Pembesaran Bebek Pedaging Sistem Santai & Modern di Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng.

Metode ini bisa saja cocok dengan metode di tempat teman-teman yang lain. Atau bisa juga tidak cocok. Tentu harus dilakukan ujicoba nyata dan dilihat hasilnya bagaimana.

Dua orang pengurus ternak ini adalah hanya sample saja untuk memudahkan perhitungan sampai ke Pembagian hasil usaha, yaitu nantinya dibagikan ke tiga orang anggota. 1 anggota pasif tetapi dia yang memberikan tempat dan modal, dan 2 anggota aktif yaitu yang menjalankan roda usahanya.

Tentunya seiring waktu bisa saja personel nya akan terus bertambah, sesuai dengan perkembangan lahan yang tersedia – yang dapat digunakan untuk sarana beternak bebek pedaging ini nantinya.

Ini adalah point-point penting nya :

– Dua Orang Calon Pengurus Ternak Bebek Pedaging Salira :

– Target : 12 Kelas

– Masa Pemeliharaan per Kelas : 1 bulan

– Jumlah Bebek per kelas : 100 ekor

– Modal per kelas (DOC + Pakan) : Rp. 1.7 Juta

– Harga Jual per Kelas (pait nya) : Rp. 2.1 Juta

– Laba bersih per kelas (setelah dipotong listrik, nabung untuk penyusutan alat, pemeliharaan alat, dll. 100ribu) : Rp. 300 ribu (per bulan)

Jadi laba bersihnya adalah Rp. 3.600.000,-. Kemudian tinggal dibagi tiga anggota saja, sehingga per anggota akan dapat penghasilan Rp. 1.200.000,- per anggota.

Rp.1.2 juta itu adalah pait nya ya, tetapai dalam praktiknya boleh jadi ada penghasilan tambahan dari hal lain-lain, misalnya anggota kelompok tersebut membuka saung untuk botam umum dan lalu buka warung makanan disana. Ya pokoknya berusaha lebih lah, inisiatif untuk bagaimana pendapatan lebih meningkat.

Demikian yang bisa kami share kan untuk saat ini.

Tags: #Bebek Pedaging #Belajar #Beternak #Merangkai #Metode #Modern #Pembesaran #Santai #Sistem