Usaha, Selokan Ikan Impun (Sunda : Edod), Pinggir dengan Bata Semen, Lebar 50 cm Panjang 264 meter

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Hari ini tanggal 24 Februari 2020, akan kami catat bahwa artikel ini adalah benar-benar yang diharapkan kami.

Kami ingin memiliki Usaha berbasis Keluarga atau Kelompok, jenis usaha nya adalah Budidaya Ikan Impun atau Ikan Cere , bukan dibudidayakan di kolam luas, tapi di budidayakan di Selokan dengan lebar hanya 50 cm dan panjang selokannya adalah sekitar 264 meter.

Selokan ini direncanakan adalah selokan buatan, jadi bukan selokan umum yang sudah ada. Tapi ini adalah murni selokan buatan. Dibuat sendiri dengan bahan baku dari Batu Bata dan Besi Cor untuk pembuatan pematang selokannya, kami rencanakan memakai Besi cor karena agar kuat kontruksi pematang selokannya.

Untuk langkah awal, selokannya tidak akan di semen si dasar selokannya karena hal itu adalah sangat besar biaya nya. Jadi dasarnya dibiarkan saja dulu apa adanya berupa tanah, Jadi yang di semen dengan batu bata dan besi cor yang memanjang itu adalah pematang / galengan selokannya saja, Maka dengan begitu diharapkan biaya pembuatan selokannya adalah lebih murah.

Memang sih, bagus nya tinggal memanfaatkan selokan umum saja, tapi saya kesulitan dalam hal mendapatkan dukungan dari warga, dengan kata lain, disini (Kp. Leuwiseeng, Desa Sukaherang, Kec. Singaparna, Kab. Tasikmalaya) saya belum menemukan orang yang sama sependapat dan se keinginan dengan saya dalam hal bagaimana menjadikan selokan umum untuk bisa menjadi menghasilkan uang dengan cara kita jadikan tempat budidaya ikan impun.

Padahal itu adalah peluang usaha yang sangat luar biasa dan murah meriah modalnya jika menggunakan selokan umum, tinggal urus saja sebaik mungkin selokannya agar berjalan optimal sesuai harapan.

Tapi sayangnya keinginan saya untuk menjadikan selokan umum agar menjadi tempat budidaya ikan impun adalah tidak mendapat dukungan dari yang lain, akhirnya saya sekeluarga berencana untuk membuat selokan buatan dengan lebar 50 cm dan panjang sekitar 264 meter di lahan keluarga.

Demikian catatan kali ini (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Bata #Edod #Ikan Impun #Lebar #Panjang #Pinggir #Selokan #Semen #Sunda #Usaha