Usaha Budidaya Ikan Impun (Sunda : Edod) di Selokan Buatan dengan Pakan Utama Cacing Sutera dan Dedak Padi (Bekatul)

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Ini adalah rencana kami, yaitu tertarik untuk Usaha Budidaya Ikan Impun atau kalau di Sunda disebut Ikan Edod.

Ikan Impun atau Ikan Edod ini banyak sekali ditemukan di Selokan umum di daerah kami, yaitu di Tasikmalaya, tidak peduli selokan itu bersih atau keruh atau kotor, ikan tersebut tetap ada dapat berkembangbiak disana.

Biasanya, para petani (Petani Padi) suka mengambil ikan edod ini dari kamalir sawah padi mereka, lalu di masak menjadi lauk pauk di dapur. rasanya Enak dan Gurih.

Sekali ber-anak, ikan edod adalah +- 30 ekor

Ikan Edod ini juga kerap kali suka di pais (sunda) – (bahasa indonesia di pais adalah di tumis) dengan memakai kelapa yang diparut, tapi sayangnya, biasanya malah kebanyakan kelapa nya daripada ikan edod nya pada Pais Ikan Edod tersebut. Jadinya bukan Pais Ikan Edod tapi Pais Kelapa, heee.. itu dilakukan karena memang mengambil ikan impun dari alam secara alami adalah susah susah gampang.

Nah, kami melihat bahwa ikan edod ini adalah memiliki peluang usaha yang bagus untuk nantinya di budidayakan. Bisa saja hasil produksinya adalah menjadi Olahan Makanan Khas Sunda yaitu berupa Ikan Edod Goreng Crispy, mantap itu. Dan kami yakin, makanan cemilan asli alami dan mengandung banyak protein tersbut akan digemari banyak orang. Amin.

Demikian catatan kami kali ini, semoga bermanfaat dan meng inspirasi dan ya kami adalah sudah mulai tertarik untuk ingin usaha budidaya ikan impun atau ikan edod ini. Amin. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Bekatul #Buatan #Budidaya #Cacing Sutera #Cere #Dedak Padi #Edod #Ikan Impun #Pakan #Selokan #Sunda #Usaha #Utama