Lapangan Rumput 3 Bata (40m2), Cukup untuk Beternak Satu Ekor Domba atau Kambing Tanpa Ngarit keluar

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Ini adalah pengetahuan khusus yang sudah semestinya kita ketahui dan pahami terutama bagi kita yang tertarik untuk beternak domba atau kambing, tapi tidak ingin repot mencari / mengambil ngarit rumput dari galengan sawah penduduk masyarakat.

Sebenarnya inilah sistem yang paling mudah dan simple yaitu mengembala domba atau kambing di tegalan atau lapangan rumput. Yang perlu kita siapkan hanyalah / adalah lapangan rumput segar yang harus selalu dijaga kesuburan dan perkembangannya.

Untuk satu ekor domba atau satu ekor kambing, kita membutuhkan lahan lapangan rumput seluas 40 meter persegi atau 3 (tiga) bata (jika dalam ukuran sunda, dimana satu bata itu adalah 14 meter persegi).

Sebagai pengetahuan kita bersama bahwa satu ekor domba atau satu ekor kambing itu akan menghabiskan Rumput Segar (untuk makan nya) sebanyak / seluas 1 (satu) meter persegi rumput segar untuk setiap harinya. Sedangkan, Siklus pertumbuhan Rumput itu adalah 40 hari, maksudnya rumput yang telah gundul dimakan domba / kambing akan mulai layak lagi dipanen dan dimakan domba lagi setelah berusia 40 hari sejak gundul dimakan. Maka dari itu kita butuh rumput segar sebanyak seluas 40 meter persegi untuk menopang makan domba dalam empat puluh hari secara estafet (satu hari satu meter persegi).

Aplikasi di lapangannya begini Om, khan total luas lapangan rumput kita adalah 40 meter persegi. Nah, lapangan tersebut kita sekat-sekat saja per satu meter persegi. Setiap hari si domba di pindah-pindah sesuai urutan jadwal. Misalnya hari 1 domba ada di kotak rumput 1m2 nomer 1, kemudian di hari ke-2, domba kita pindah ke kotak rumput ke-2, hari ke-3 kita masukkan ke kotak rumput nomer-3 dan seterusnya sampai dengan hari ke 40, kita masukkan ke kotak rumput nomor 40. Lalu balik lagi rolling ke hari pertama dengan menyantap rumput di kotak nomor 1 yang sudah siap panen karena sudah berusia 40 hari khan? – Semoga Om Paham.

Jadi tugas utama kita sebenarnya adalah menjaga dan mengurus rumput agar bagaimana rumput tetap tumbuh sempurna segar dan normal sehingga bisa dipanen ketika berusia 40 hari sejak disantap oleh si Domba dan si Kambing.

Artikel ini pernah dimuat di Blog domba.id (yaitu blog punya kami juga) dengan penyampaian kata-kata yang berbeda tapi dengan maksud yang sama. Ini Artikel nya : Kita Butuh Lapangan Rumput Seluas 40 Meter Persegi (3 Bata) untuk Beternak Satu Ekor Kambing atau Domba Tanpa Ngarit.

Artikel ini juga terinspirasi dari artikel sebelumnya di blog kami yang lain yaitu blog kambing.id yaitu postingan ini : Beginilah Simulasi Beternak Sepasang Kambing di Lapangan Rumput Seluas 80 Meter Persegi atau 6 Bata.

Semoga artikel ini menginspirasi Om semuanya dan bermanfaat dan menjadi berkah ke Om dan ke kami, Amin. (ditulis oleh Pipih Pirmansyah dari Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng pada 29 Agustus 2019).

Tags: #Bata #Beternak #Domba #Ekor #Kambing #Lapangan #Ngarit #Rumput #Ternak