Cara Mudah dan Murah Fermentasi Ampas Tahu untuk Pakan Cacing Sutera sekaligus untuk Habitat Cacing Sutera (Pengganti Lumpur)

Cara Mudah dan Murah Fermentasi Ampas Tahu untuk Pakan Cacing Sutera sekaligus untuk Habitat Cacing Sutera (Pengganti Lumpur)

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Kita urutkan dan sebutkan dulu bahan baku nya ya, yaitu :

1. Ampas Tahu sebanyak 10 Kg.

2. Molase sebanyak 500 ml

3. Probiotik EM4 sebanyak satu tutup botolnya.

Cara pembuatannya :

1. Sediakan Wadah, misalnya Bekas Cat Tembok yang isi 25Kg, lebih baik yang masih ada Tutup wadah tersebut, karena nanti untuk menutup media.

2. Masukkan Ampas Tahu ke Wadah Bekas Cat tersebut.

3. Campurkan Probiotik EM4 dengan Molase lalu diaduk rata.

4. Siramkan Hasil Adukan Campuran Probiotik EM4 dengan Molase tersebut ke Media Ampas Tahu, lalu aduk rata si Ampas Tahu tersebut.

5. Tutup Rapat Wadah yang berisi hasil adukan Ampas tahu + EM4 + Molase tersebut. Harus tertutup rapat, jangan sampai udara bisa keluar masuk ke dalam wadah bekas cat tembok tersebut.

6. Diamkan di tempat yang Sejuk dan Kering selama kurang lebih Tiga Hari.

Maka setelah tiga hari, maka ampas tahu sudah bagus ter fermentasi dan siap ditaburkan ke dalam kolam cacing sutera kita untuk Pakan Cacing Sutera dan juga berfungsi sebagai tempat tinggal si cacing sutera itu sendiri (Jadi di Ampas tahu tersebut juga menjadi menggantikan fungsi Lumpur).

Jadi Kolam Cacing Sutera kita tidak perlu diberi lumpur, cukup dengan Ampas tahu saja, nanti juga ampas tahu itu kondisinya akan mirip dengan lumpur tapi tidak bau karena sudah di Fermentasi si ampas tahu nya.

Catatan :

Untuk Molase, teman-teman bisa beli di Toko Online atau Toko Pertanian Offline. Atau teman-teman bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya sebagai berikut :

Sediakan Gula Merah sebanyak 1 kg lalu diiris kecil-kecil. Kemudian dicampurkan dengan Air bersih sebanyak 1000 ml, dan direbus sampai dengan matang. Lalu tiriskan. Maka molase buatan teman-teman sudah jadi dan Siap Pakai.

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa menonton sumber video diatas. Semoga sukses dan terimakasih telah mampir ke artikel sederhana kami ini. (Pipih Pirmansyah – 30 Juni 2019)

Tags: #Ampas #Ampas Tahu #Cacing #Cacing Sutera #Cacing Sutra #Cara #Fermentasi #Habitat #Lumpur #Mudah #Murah #Pakan #Sutera #Sutra #Tahu