Salira ingin Bangun Usaha Jual Cacing Sutera Tasikmalaya

11 views
Salira ingin Bangun Usaha Jual Cacing Sutera Tasikmalaya

Kolam Cacing Sutra Salira yang baru dibuat (belum ditebar benih cacing sutera)

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Melihat dan mengamati betapa besarnya manfaat cacing sutera untuk pakan alami bermutu tinggi bagi ikan dan unggas, maka kami dari Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng mengambil kesimpulan bahwa dipandang perlu untuk ikut serta dalam Usaha Budidaya Cacing Sutera untuk nantinya diharapkan bisa Menjual Hasil Budidaya Cacing Sutra kami tersebut kepada para peternak ikan dan peternak unggas (itik, bebek misalnya).

Oleh karena itu, pada sekitar bulan Juni 2019, kami sudah mulai untuk mempelajari Cacing Sutra. Terbukti dengan telah dimulainya Ujicoba membudidayakan cacing sutra dalam kolam kecil ukuran 1×3 meter di pinggir sawah Minapadi Salira kami.

Sengaja kami buat sangat skala kecil dulu karena ini adalah masih dalam tahap ujicoba. Tentunya jika dikemudian hari berkembang dan kami semakin paham cara membudidayakannya, maka kami akan perbesar kuantitas dan lain sebagainya.

Tetapi sayangnya memang kami akui bahwa tidak mudah untuk mengajar orang lain untuk mau bersama-sama belajar dari Nol, dari awal, dari ketidaktahuan, dari kebimbangan, dari segala keterbatasan. Kebanyakan orang akan mulai tertarik untuk mau ikut dalam Usaha Budidaya Cacing Sutera jika memang telah terlihat terbukti Sukses nya, sedangkan jika masih dalam keadaan perjuangan dari Nol, maka jarang sekali orang mau ikut bergabung.

Terus terang, tidak jarang, malah ada yang semacam bernada meremehkan, mencela, menyindir, nyinyir, mengecilkan dan lain-lain yang semakna dengan itu. Jika saya layani dan masukkan ke hati, sungguh ada semacam perasaan tidak nyaman di hati ini. Tetapi saya coba untuk menghiraukannya dan menjauh dari lingkungan nyinyir sedemikian.

Itulah yang kami alami, dan saya (Pipih Pirmansyah) memberanikan diri untuk memulai walau dengan sangat minim sekali dukungan dan lain-lain dari sekitar. Dengan di support oleh Ibu saya sendiri dan di support oleh Istri saya, maka saya saat ini (22 Juni 2019) sedang terus melakukan uji coba budidaya cacing sutra dari nol, dari tidak bisa, dari tidak tahu apa-apa.

Dengan bermodalkan kemauan dan keinginan ingin sukses budidaya cacing sutra serta dengan cara melihat-lihat video orang-orang yang terdahulu yang sudah terlihat sukses dalam cara membudidayakan cacing sutera yang saya tonton di youtube, maka saya pun terus menerus menyemangati diri saya sendiri untuk ingin sukses budidaya cacing sutera ini. (Pipih Pirmansyah – 22 Juni 2019).

Tags: #Bangun #Barvic #Cacing #Cacing Sutera #Cacing Sutra #Jual #Leuwiseeng #Picung #Salira #Singaparna #Sukaherang #Sutera #Sutra #Tasikmalaya #Usaha