Pengembangan Kolam Sawah Minapadi Salira menuju ke Budidaya Cacing Sutera dan Belut

Pengembangan Kolam Sawah Minapadi Salira menuju ke Budidaya Cacing Sutera dan Belut

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Ada harapan besar dari Kelompok Tani Ternak Salira yaitu kami ingin Sukses dalam Uji coba membudidayakan Cacing Sutera untuk nantinya ingin dijadikan pakan utama untuk Budidaya Pembenihan Belut juga Budidaya Pembesaran Belut.

Saat ini, proses uji coba menebar benih cacing sutera sudah kami lakukan pada kolam dengan panjang dan lebar adalah 1 meter. Memang ini sangat sempit sekali luasnya, tetapi inilah yang disebut tahapan ujicoba. Tentunya jika sukses yang ujicoba di kolam sempit 1×1 meter ini, maka kami akan menjadi semakin semangat untuk pengembangan lebih jauh kedepannya.

Untuk hal pengadaan benih bibit cacing sutera sendiri, saya mendapatkannya dari selokan depan rumah dan selokan di kampung paman saya di Tasikmalaya. Dan sekarang kami tinggal menunggu hasilnya apakah cacing sutera yang kami tebar ke kolam 1×1 meter tersebut bisa sukses berkembang biak atau matot?

Rencananya, jika hal budidaya cacing sutra adalah benar-benar berhasil, maka kedepannya hasil cacing sutera tersebut adalah untuk pakan alami usaha pemijahan belut dan usaha pembesaran belut (agar tidak beli pelet ikan / pelet belut).

Pengembangan Kolam Sawah Minapadi Salira menuju ke Budidaya Cacing Sutera dan Belut

Sebetulnya, kata banyak orang katanya Belut yang makanannya pakan alami adalah lebih mantap rasanya dibanding dengan budidaya belut dengan pakan pelet. Ya seperti halnya usaha Ayam saja ya teman-teman. Enakan mana? Ayam Kampung atau Ayam Negeri? (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Belut #Budidaya #Cacing #Cacing Sutera #Kolam #Minapadi #Pengembangan #Salira #Sawah #Sutera