Pembuatan Area Kolam Dalam atau Gomlangan untuk Kolam Sawah Mina Padi Salira

Pembuatan Area Kolam Dalam atau Gomlangan untuk Kolam Sawah Mina Padi Salira

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Dilaksanakan pada tanggal 25 April 2019, di Kolam Sawah Minapadi Salira sedang dibuat Area Kolam Dalam atau dalam bahasa Sunda lebih dikenal dengan sebutan Gomlangan.

Jadi apa itu Gomlangan? – Gomlangan adalah area khusus di area suatu Kolam yang memiliki kedalaman lebih dalam daripada kedalaman kolam secara keseluruhan. Gomlangan berbeda dengan Kamalir. Kalau Kamalir itu berupa area yang memanjang selebar selokan kecil yang biasanya ada di tengah-tengah kolam yang berfungsi untuk mengalirkan dan menggiring ikan yang akan sedang dipanen agar bisa mudah ikan-ikan tersebut menuju ke area Gomlangan.

Jadi bisa disimpulkan dengan jelas bahwa Gomlangan itu adalah juga berfungsi untuk menampung ikan-ikan yang datang dari segala penjuru kolam atau yang datang lewat kamalir itu tadi. Selanjutnya ikan yang ada di Gomlangan akan menjadi lebih mudah untuk di urus nya oleh Tukang Ikan yang sedang bertugas memanen ikan dimaksud di kolam tersebut.

Tetapi juga, fungsi dari Gomlangan adalah menjadi lebih luas untuk hal Kolam Sawah Minapadi, fungsinya selain memudahkan kita ketika panen ikan (agar ikan berkumpul di gomlangan), maka fungsi lain dari Gomlangan yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai tempat ikan-ikan berteduh / ngadem dari panas terik sinar matahari. Sebagaimana kita pahami bahwa sebuah Gomlangan itu pasti memiliki kedalaman air yang lumayan dalam dari sekeliling nya artinya kondisi air dalam Gomlangan tersebut akan menjadi lebih sejuk / tidak panas. Dan itulah mengapa ikan-ikan akan berkumpul di Gomlangan ketika terjadi musim kemarau dan ketika terjadi panas terik matahari di kolam sawah minapadi. Sehingga ikan-ikan akan tetap merasa nyaman dan tidak kepanasan.

Di kelompok kami, pada tanggal diatas (25/4/2019) juga sedang dibuat Gomlangan. Ya untuk tujuan tersebutlah pembuatan Gomlangan di kolam sawah mina padi salira tersebut, yang beralamat di kampung Leuwiseeng Rt.03 Rw.09, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sebagai informasi bahwa sumber air yang mengalir ke Kolam Sawah Minapadi Salira adalah bersumber dari sebuah Kolam Besar dan Luas yang berada di seberang Sungai Cimerah, kami membentangkan Paralon Maspion sebanyak 12 lente (48 meter) untuk menangkap dan menyalurkan air tersebut.

Keterangan dan ilmu pengetahuan tentang Ukuran Paralon air dengan biasanya panjang per lente adalah 4 (empat) meter, adalah sebagai berikut :

– 1/2″ atau 22 mm
– 3/4″ atau 26 mm
– 1″ atau 32 mm
– 1-1/4″ atau 42 mm
– 1-1/2″ atau 48 mm
– 2″ atau 60 mm
– 2-1/2″ atau 76 mm
– 3″ atau 89 mm
– 4″ atau 114 mm
– 5″ atau 140 mm
– 6″ atau 165 mm
– 8″ atau 216 mm
– 10″ atau 267 mm
– 12″ atau 318 mm

Informasi, pengerjaan pembuatan Kolam Dalam (Gomlangan) tersebut adalah dikerjakan oleh dua orang pekerja, dan kami memberikan tembok semen di pinggir gomlangannya karena kondisi tanah di kolam sawah mina padi kami adalah hampir berbentuk terbuat dari pasir, sehingga jika tidak di tembok semen pinggirnya maka akan sulit tercipta gomlangan yang sempurna karena akan sering terjadi longsor akibat dari kondisi tanah yang hampir seluruhnya berupa pasir itu. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Area #Gomlangan #Kolam #Mina #Minapadi #Padi #Salira #Sawah