Insya Allah, Pemijahan Belut Akan Menjadi Usaha Utama Kelompok SALIRA

6 views

Insya Allah, Pemijahan Belut Akan Menjadi Usaha Utama Kelompok SALIRA

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Kami melihat bahwa Ikan Belut adalah salah-satu komoditi jenis ikan yang masih memiliki nilai jual / nilai ekonomis yang bagus untuk diupayakan / dibudidayakan. Saat ini pasar, baik Pasar nasional maupun pasar Internasional selalu kekurangan pasokan ikan belut untuk kebutuhan masyarakat global pada umumnya. Mengapa pasokan Belut di pasaran selalu kurang?

Itu karena memang belut sangat tidak mudah dibudidayakan anaknya. Artinya untuk bisa sukses memijahkan belut sendiri dari telur belut adalah tidak mudah / tidak gampang. Terbukti dengan jarang nya penjual ikan di pasar ikan yang menjual anak belut sebesar batangan rokok. Itu adalah fakta di lapangan yang tidak bisa terbantahkan.

Memang tidak mudah untuk Usaha Pemijahan Belut. Bisa dikatakan masih sangat jarang orang yang bisa membuat si Belut bertelur di lahan sendiri, lalu belut tersebut menjadi menetas dan lalu setelah menetas, anaknya yang sebesar sapu lidi dipelihara sampai sebesar seukuran batangan rokok. Itu sungguh tidak mudah.

Dan Kelompok kami, Kelompok Salira, walaupun kami bukan kelompok perikanan, tapi kami sangat berminat sekali dengan upaya sukses pemijahan / pembenihan belut. Tetapi kami akui bahwa sampai dengan saat ini (4/2/2019), kami pun belum berhasil dalam hal pemijahan belut, sekarang masih terus dalam tahap uji coba untuk ingin berhasil.

Kami yakin, bahwa jika Ujicoba Pembenihan atau Pemijahan Belut ini bisa Berhasil, maka ini akan menjadi Peluang Usaha baru yang hebat untuk Kelompok kami yang bila dilihat dari segi ekonomi bisa diupayakan menjadi usaha inti yang Insya Allah dapat menopang kehidupan kami sekeluarga, seluruh Anggota kelompok kami, Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng. (Pipih Pirmansyah – Ketua Kelompok Tani Ternak Salira)

Tags: #Belut #Insya Allah #InsyaAllah #Kelompok #Pemijahan #Salira #Usaha #Utama