Cara Menanam Padi Organik Aquaponik diatas Kolam Ikan, Padi Dapat Ikan Dapat

Cara Menanam Padi Organik Aquaponik diatas Kolam Ikan, Padi Dapat Ikan Dapat
Aquaponik, Padi Dapat, Ikan Dapat

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Cara Menanam Padi Aquaponik : Ini akan menjadi double keuntungan, yang pertama adalah dapat Ikan, lalu juga kita akan dapat ikan nya dalam waktu yang bersamaan, inilah cara bertani modern model Aquaponik. Dalam pengertian umumnya Aquaponik adalah cara bertani modern dengan menggabungkan pertanian dan perikanan dalam satu tempat, sehingga dihasilkan output penghasilan yang diharapkan akan lebih besar daripada menanam padi saja atau bila hanya membudidayakan ikan saja.

Sebagai gambarannya begini, misalnya, kita memilki kolam ikan seluas 2 x 4 meter. Lalu dalam kolam seluas itu kita memelihara ikan lele dengan pemberian pakan dengan pelet pabrik (misalnya). Kemudian, di atas kolam tersebut kita juga memasang beberapa paralon yang dibolongin, dan lalu di bolong tersebut ditaruh bekas aqua gelas dengan diisi tanah lalu dimasukkan benih padi.

Di setiap Sisi paralon tersebut diberi tutup sehingga memungkinkan air untuk bisa diam di dalam paralon setinggi setengah tinggi paralon. Sumber air adalah berasal dari kolam lele. Sehingga kotoran ikan lele akan menjadi pupuk bagi tanaman padi, dan lalu air kolam ikan lele akan disaring oleh media tanam serta akar padi sehingga air yang kembali ke kolam sudah menjadi lebih bersih (berkurang amonia nya). Lebih hebat lagi jika ada wilayah / area tanaman dimana air sebelum masuk ke kolam akan melewati wilayah tanah + tanaman tersebut sehingga didapat air yang jauh lebih jernih dan tidak ber amonia lagi sehingga bagus untuk ikan lele.

Itulah prinsip kerja Cara Menanam Padi Organik Aquaponik diatas Kolam Ikan (dalam contoh ini kita menggunakan contoh ikan lele), sehingga Padi kita Dapat kemudian Ikan juga akan Dapat.

Itu adalah ide yang luar biasa, kita harus berani ujicoba skala kecilnya dan terus diperdalam keilmuan nya, sehingga tidak tertutup kemungkinan jika faham, ini bisa menjadi suatu peluang usaha yang dapat menopang perekonomian kita masing-masing di tengah semakin mengerucutnya lahan pertanian karena lahan nya terus dipergunakan untuk pemukiman penduduk dan atau untuk pembangunan pabrik-pabrik industri.

Mari kita lakukan ujicoba hal tersebut, jadi dalam satu area / satu tempat akan menghasilkan sekaligus dua produk yaitu Ikan Lele dan Padi. Sungguh luar biasa jika idea ini bisa dilaksanakan di skala besar, karena jelas ini adalah merupakan suatu peluang usaha di bidang pertanian sekaligus perikanan yang sangat memiliki prospek yang bagus kedepannya karena manusia (di Indonesia) akan selalu memerlukan Beras dan juga butuh protein hewani dalam hal ini dicontohkan dengan ikan lele. (Pipih Pirmansyah)

Silahkan teman-teman tonton video di bawah ini :

Tags: #Aquaponik #Kolam #Menanam #Organik #Padi #Padi Organik