Apakah Saya Mengganggu Waktu Istirahat kamu?

79 views

Apakah Saya Mengganggu Waktu Istirahat kamu?

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Pertanyaan diatas (judul artikel ini) adalah pantas untuk dilontarkan kepada teman kita atau kepada seseorang (baik yang sudah dikenal banget, atau baru dikenal) ketika kita hendak ingin berkomunikasi di Chatting pribadi, misalnya di WhatsApp, Facebook Messenger, Yahoo Messenger, Skype dan sejenisnya.

Itu juga sebagai Tata Krama yang lumayan baik (menurut saya) untuk memastikan apakah lawan bicara sedang dalam kondisi menerima atau tidak?

Dengan mengucapkan atau mengetikkan kalimat “Apakah Saya Mengganggu Waktu Istirahat kamu?”, artinya kita berusaha untuk mencari kepastian suasana obrolan saat itu. Sehingga jika lawan bicara merasa keberatan dengan menjawab iya, artinya kamu bisa berkomunikasi di lain waktu dan kesempatan, karena siapa tahu lawan bicara kamu pada saat tersebut sedang ada sesuatu hal intern pribadi yang sedang terjadi, entah itu sedang bekerja, merenung, menyendiri, atau sedang ada dalam kondisi ada masalah, dan lain-lain, ada banyak faktor disana. Dan kamu harus bisa menerima jawabannya dengan lapang dada.

Saya yakin, jika kamu mengawali pembicaraan atau Chatting dimulai dengan pertanyaan seperti diatas, maka akan didapat kualitas hasil obrolan yang menggembirakan kedua belah pihak.

Ingat, bahwa terdapat batasan-batasan kesopanan dalam suatu pembicaraan atau Chatting, janganlah sekali-kali keluar dari norma itu, jika tidak, maka lawan bicaramu bisa saja akan merasa tidak nyaman dan lalu mundur dengan teratur menjauh dari kamu.

Semoga coretan pagi ini bermanfaat buat saya dan kawan-kawan semua. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Istirahat