Disini akan dibangun Kolam Ujicoba Pembenihan Pemijahan Belut Barvic

Disini akan dibangun Kolam Ujicoba Pembenihan Pemijahan Belut Barvic

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Oleh karena kami hidup di kampung, maka tidak tanggung-tanggung, kami akan menyesuaikan diri (beradaptasi) dengan iklim kondisi di perkampungan atau pedesaan.

Adalah Usaha Budidaya Belut, yang kami lihat bahwa itu adalah usaha yang prospektif untuk masa depan di Pedesaan (Perkampungan) karena memang Ikan Belut merupakan salah-satu sumber protein hewani yang sudah tidak diragukan lagi kebaikan dan manfaat nya dipandang dari sisi kesehatan.

Kendala utama untuk Budidaya Belut, terutama untuk usaha budidaya pembesaran belut adalah dalam hal pengadaan bibit anakan belut nya. Tidak mudah mendapatkan anakan belut yang sebesar Lidi dengan panjang 10 cm, atau anakan belut sebesar sebatang rokok dengan panjang 15 cm. Kebanyakan pembudidaya pembesaran belut mendapatkan anakan belut adalah dari hasil tangkapan di alam secara manual, bukan dari hasil budidaya, karena memang itu tadi, tidak mudah untuk proses pembenihan atau pemijahan belut nya.

Berangkat dari sulitnya mendapatkan benih ikan belut ukuran 10-15 cm (kira-kira sebesar sebatang rokok tersebut), maka kami dari Tim Anggota Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng bermaksud untuk mengadakan dan mengusahakan untuk Ujicoba Bagaimana Pembenihan Pemijahan Belut di kolam tembok yang sempit saja (karena memang tidak perlu luas untuk hal keperluan pemijahan belut ini), bahkan di kenyataan real dijadikan usaha nya pun, luas kolam untuk pembenihan belut itu cukup dengan ukuran 1×1 meter saja (itu sudah cukup luas karena per kolam akan diisi dengan hanya dua ekor saja, yaitu induk betina dan induk jantan).

Hal yang paling utama untuk bisa Sukses uji coba pembenihan belut ini adalah harus terbebas dari macam-macam Predator, baik predator hewan maupun predator manusia. Maka kami memilih tempat di atas (di lantai 1) tepatnya di teras kantor Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng (sebagaimana bisa Sahabat Salira lihat di foto kami di atas). Insya Allah Dengan Izin Alloh, tempat yang kami pilih tersebut adalah Aman dari macam-macam Predator.

Dan berikut ini adalah data-data informasi pendukung yang akan kami kerjakan dalam waktu dekat, perihal Rencana Pembangunan Kolam Ujicoba Pembenihan Pemijahan Belut Barvic, adalah:

  • Waktu Pelaksanaan: Pada Hari Jum’at, tanggal 30 Maret 2018
  • Lama Pengerjaan: 1 hari
  • Jumlah Pekerja (Tukang): Cukup oleh seorang Tukang
  • Jumlah Bata Merah yang dibutuhkan: 100 pcs
  • Jumlah Semen: 1 zak
  • Jumlah Pasir: 5 blek (sunda)
  • Paralon 3/4: 4 meter (1 lonte)
  • Jumlah indukan yang akan disebar nantinya: 1 induk jantan dan 1 induk betina (saja)
  • Sistem air: Air Sirkulasi dengan memakai pompa aquarium (nanti akan kami tunjukan kepada sahabat salira penampakannya, ketika kolam sudah selesai dibuat, pada postingan artikel kami yang berbeda)
  • Media kolam: Tanah, Jerami padi yang sudah layu, Cairan EM4, Gedebog Pisang, Eceng Gondok, Air setinggi 5 cm dari lumpur kolam, juga akan dibuat semacam galengan dengan tanah yang tidak terendam air, karena itulah yang justru akan dijadikan tempat belut memijah nya
  • Perkiraan (estimasi) Tingkat kesuksesan: 95%
  • Sponsor Acara: Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng

Demikian rencana kami terdekat, semoga bisa menyemangati tim anggota kami dan menjadi inspirasi buat sahabat salira semuanya. amin. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Barvic #Belut #Belut Barvic #Kolam #Pembenihan #Pemijahan #Ujicoba