BELUT BARVIC: Modal Pertama dan Utama adalah Kemauan

79 views

BELUT BARVIC: Modal Pertama dan Utama adalah Kemauan

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Ini bukan berlaku untuk hanya Usaha Budidaya Belut saja, tetapi untuk hal Budidaya lain nya pun demikian, bahkan bukan cuma dalam usaha budidaya, tetapi untuk usaha lain pun (diluar perikanan peternakan) juga demikian, yaitu bahwa Kemauan Keras untuk Mau Sukses, Mau Bisa adalah menjadi Aset Terbesar bagi seorang Calon Wirausahawan, tanpa itu berapa besar pun Modal (Uang) yang dimiliki, maka tidak akan berjalan secara Optimal bahkan bisa saja akan berakhir gagal total berantakan, karena tidak adanya semangat dan minim nya etos kerja untuk berkarya.

Lebih jauh lagi, untuk hal mengapa kami mengangkat Budidaya Belut adalah karena kami melihat untuk hal Budidaya Belut dapat dilakukan dari mulai modal kemauan dan bisa dengan modal (uang) yang minimalis. Sahabat bisa membayangkan dan bisa mencoba menghitung bahwa betapa murahnya untuk melakukan belajar ujicoba pembenihan atau pemijahan ikan belut ini. Ini benar-benar 70% modal kemauan, sisanya modal uang.

Saya sebut murah untuk budidaya belut, karena bisa dihitung misalnya untuk bisa melakukan ujicoba pembenihan belut, maka yang diperlukan adalah lahan berukuran 1×1 meter. Lahan tersebut bisa dengan kolam terpal atau dengan kolam bak semen. Tentunya memilih kolam terpal adalah yang paling murah dibandingkan dengan kolam bak semen (walau tidak tahan lama, paling maksimal bertahan setengah tahun).

Sekali lagi, untuk bisa belajar ujicoba pembenihan belut, maka tidak perlu memerlukan modal uang yang besar, cukup dengan persediaan lahan 1×1 meter dengan sistem kolam terpal yang air nya bisa dengan cara sirkulasi menggunakan pompa mini yang biasa dipakai pada aquarium minimalis.

Kita tidak bicara pembesaran belut, karena sebelum ke Usaha Pembesaran Belut, maka urusan Pembenihan Belut nya yang harus Sukses dahulu, baru setelah itu, bisa merambah berpikir ke Pembesaran belut, dan disaat seperti itu (yaitu disaat kita telah berhasil melakukan ujicoba pembenihan belut) maka untuk masuk ke Pembesaran adalah menjadi Seribu kali lipat bertambah semangat, bahkan Kami memprediksi akan bermunculan yang tiba-tiba menawarkan modal usaha untuk membangun Sistem Pembesaran Belut nya, karena mereka (yang punya uang) sudah melihat jelas dan nyata kesuksesannya (karena yang paling sulit itu adalah di Pembenihan Belut nya).

Tetapi, jika sistem pembenihan belut saja belum berhasil, maka tentunya akan masih sulit untuk bisa meyakinkan orang yang punya uang, untuk mau memberikan pinjaman modal untuk hal pembesaran belut nya.

Intinya adalah, kebanyakan orang di luar sana, akan mulai tertarik dan melirik, ketika benar-benar sudah terbukti nyata keberhasilan sistem pembenihan belut nya. Catat kata-kata saya ini, 24 Maret 2018 – (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Barvic #Belut #Kemauan #Modal #Pertama #Utama