Belutpedia

99 views
Belutpedia,5 / 5 ( 1votes )

Belutpedia

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Dalam kesempatan baik sekarang ini, kami ingin merangkum segala hal penting tentang Ikan Belut.

Maksudnya adalah semua hal tentang Teknik Budidaya Ikan Belut, Cara Pembenihan Ikan Belut, Cara Pemijahan Ikan Belut, kemudian juga Cara Pembesaran Ikan Belut, dan juga Cara Pemasaran atau Penjualan Ikan Belut akan kami rangkum secara rangkaian tulisan singkat per poin di postingan ini.

Untuk catatan bahwa, postingan ini akan terus kami update dari waktu ke waktu. Jadi, ketika kami mendapatkan pengetahuan baru tentang Belut, baik itu pengetahuan yang kami dapat dari hasil ujicoba pengalaman kami sendiri, maupun pengetahuan belut dari hasil membaca dari berbagai buku-buku budidaya belut yang jelas direkomendasikan banyak pihak, ataupun pengetahuan dari hasil kunjungan kerja kelompok kami ke berbagai Sentra Pembudidayaan Ikan Belut – maka akan kami coba rangkum dengan gaya bahasa kami sendiri di postingan yang sangat spesial tentang Ikan Belut ini.

Akhirnya, selamat dan sukses kepada Sobat Salira semuanya (dan juga kepada Tim Kelompok Ternak kami) yang sama-sama berminat untuk mau berjuang keras untuk memperjuangkan sukses budidaya ikan belut. Amin.

Dan inilah Rangkuman Belutpedia ala Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng :

1. Tahukah sobat bahwa Ikan Belut adalah termasuk kedalam Hewan Ikan Hermaprodit, yaitu Ikan yang memiliki dua jenis kelamin dalam satu anggota tubuh. Dan dalam hal Hermaprodit Ikan Belut, maka Belut yang masih muda adalah Belut Betina, sedangkan Belut yang sudah tua adalah Belut Jantan.

2. Cara praktis dan mudah untuk membedakan mana Belut Betina dan mana belut jantan adalah dengan cara melihat postur tubuh belut tersebut. Belut Betina adalah yang berukuran kecil, sedangkan Ukuran Tubuh Belut Jantan adalah lebih besar daripada belut betina. Juga, Belut betina terlihat kekuning-kuningan warna badan nya, sedangkan belut jantan itu Ke hitam-hitaman.

3. Jika dalam suatu kolam, populasi belut betina nya kurang, maka sebagian Belut yang sudah menjadi Jantan, akan berubah lagi jadi Betina. Luar biasa, subhanalloh – Allohu akbar.

4. Yang mau lihat Contoh desain dan pembuatan kolam belut yang bagus, bisa cek video ini https://youtu.be/uMjo_eJG-uc (kolam tersebut cocok untuk usaha budidaya belut, baik untuk usaha pembenihan atau usaha pemijahan ikan belut, maupun untuk usaha pembesaran ikan belut nya)

5. Juga, yang mau melihat contoh hasil panen nya dari kolam belut di atas (nomor 4), bisa di cek di video ini https://youtu.be/J8m_p88874M. Bagus itu sobat. Catatan kedua video tersebut (item nomor 4 dan 5, bukan kolam milik kami, tapi milik orang lain, itu hanya untuk memberik

an contoh saja, soalnya lumayan bagus dan masuk akal sistem nya).

6. Mau tahu bagaimana Urutan Proses Budidaya Belut dari mulai pembenihan belut atau pemijahan belut sampai ke Pembesaran belut?, sobat bisa cek postingan kami iniĀ https://news.salira.co.id/2018/04/05/urutan-proses-usaha-pembenihan-dan-pembesaran-belut/

7. Tahukah sobat, bahwa lama waktu budidaya belut dari mulai proses pemijahan sampai dengan panen belut konsumsi adalah 6 Bulan 20 Hari.

Demikian, rangkuman kami tentang Belut, dan postingan ini tidak akan pernah berhenti sampai disini, kami akan terus meng update postingan ini, begitu ada pengetahuan baru yang unik dan menarik tentang ikan licin yang satu ini.

Terakhir di update pada: 18 Maret 2018. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Belut #Belutpedia #Budidaya #Ikan #Pembenihan #Pembesaran #Pemijahan