Hal-hal Berikut ini Diyakini Bisa Membuat Seluruh Anggota Kelompok Jadi Bahagia

Hal-hal Berikut ini Diyakini Bisa Membuat Seluruh Anggota Kelompok Jadi Bahagia

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Jika kita ingin benar-benar serius Berusaha Berkarya berdasarkan Sistem Kerja Bersama-sama (Berjamaah) dengan cara Metode Perkumpulan Kelompok, baik itu Kelompok Tani, Kelompok Ternak, Kelompok Perikanan, Kelompok Kerajinan, Kelompok Mebel dan Kelompok-kelompok lainnya yang bersifat menjunjung tinggi Prinsip-Prinsip Bekerja Bersama-sama (Kelompok) untuk menghasilkan suatu Produk atau Karya atau Jasa, maka hal-hal berikut ini (yang akan saya uraikan nanti di bawah ini) adalah sudah sepantasnya dilakukan oleh seluruh anggota kelompok, terutama dilakukan dimotori oleh Ketua Kelompok nya.

Suatu Pekerjaan akan mampu dikerjakan dengan lebih baik dan benar, ketika orang yang mengerjakan pekerjaan tersebut adalah dalam kondisi Happy atau Bahagia kondisi hati dan perasaan nya.

Dalam hal ini, saya membahas “Anggota Perkumpulan Kelompok”. Lalu, muncul lah tema pertanyaan unik, yaitu “Bagaimana Agar Setiap Anggota Kelompok, menjadi Bahagia?

Berikut ini adalah Hal-hal yang Diyakini banyak orang secara keseluruhan, akan mampu Membuat Seluruh Anggota Kelompok menjadi merasa Bahagia (Lahir dan Bathin). Yaitu:

1. Hilangkan GAP (Jarak) antara Pengurus dengan Anggota

Pengurus disini adalah Pembina, Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Semua adalah harus selaras, sejajar. Jangan mentang-mentang seseorang menjadi Ketua Kelompok (misalnya), lalu menjaga jarak (tidak mau bergaul berkomunikasi secara baik) dengan para anggota. Jangan seperti itu. Berbaurlah dengan seluruh anggota, dengarkanlah secara langsung keluhan-keluhan mereka dan jika perlu catatlah apa saja harapan dan keinginan dari para anggota kelompok, lalu pertimbangkan dan kabulkan harapan-harapan dan keinginan-keinginan para anggota tersebut.

2. Ini bukan Sistem Kerja Nge-BOS!, Jadi Samakanlah Nilai Upahnya

Karena ini adalah sistem Perkumpulan Kelompok yang menganut kerja bersama-sama dan SETARA, (bukan Kerja sistem BOS yang biasa berlaku di perusahaan-perusahaan pada umumnya), maka samakanlah untuk nilai Upah nya. Jadi upah untuk Pembina, Ketua, Bendahara, Sekretaris dan juga Upah setiap (para) anggota kelompok adalah sama nilainya. Ini akan membuat para anggota menjadi bersemangat dan dihargai keberadaannya di Perkumpulan Kelompok tersebut.

3. Tampunglah Seluruh Aspirasi, Keinginan dan Harapan, Saran bahkan Krtikan (yang membangun) dari para Anggota

Melanjutkan pembahasan nomor 1, maka Pihak Pengurus harus membuat suatu wadah atau alat untuk tempat menampung pendapat, harapan, keinginan, kritik dan saran dari seluruh anggota kelompok. Lalu dimusyawarahkan dalam suatu kegiatan musyawarah khusus tentang itu. Sebisa mungkin kabulkanlah aspirasi-aspirasi positif yang membangun dari para anggota, karena itu bisa membuat para anggota menjadi bahagia dan bangga serta merasa di akui dan dihargai keberadaanya di Perkumpulan Kelompok tersebut.

4. Selalu Jaga Kebersihan Lingkungan dan Tempat Kerja

Jika Perkumpulan Kelompok sudah Maju pesat, maka tidak ada salahnya untuk mengangkat seorang atau dua orang atau disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu mengangkat Anggota Baru yang tugas nya khusus mengurus kebersihan. Jadi Petugas Kebersihan tersebut, benar-benar fokus mengurus kebersihan saja, tidak berhubungan dengan urusan Produksi. Biarkan anggota yang khusus Produksi yang berjuang keras untuk bisa berkarya menghasilkan produk yang unggul, sedangkan urusan Kebersihan tempat kerja, maka di urus oleh Anggota Khusus Kebersihan. Lagi-lagi, upah untuk pengurus kebersihan juga adalah sama dengan anggota lain. Ini benar-benar akan hebat.

5. Bentuk Anggota Khusus yang mengurus Konsumsi

Hal ini juga bisa mulai di realisasikan ketika Perkumpulan Kelompok sudah Hebat berkembang pesat. Maka rekrutlah satu atau dua atau beberapa anggota baru (jumlahnya sesuaikan dengan kebutuhan di lapangan), yang bertugas untuk menghandle hal konsumsi. Apa saja yang mereka lakukan?, mereka akan memberikan layanan konsumsi seperti menyediakan segelas Susu + Roti nya setiap hari pada pukul 09.00 Pagi. Lalu, mereka juga menyediakan makan siang pada pukul 12.00 Siang. Dan hal-hal insidential lain yang berhubungan dengan makanan adalah menjadi tanggung jawab mereka.

6. Khusus Perkumpulan Kelompok yang Anggotanya Muslim, maka Perbagus Fasilitas dan kelengkapan untuk Sarana dan Prasarana Ibadah Sholat, Baca Al-Qur’an dan sebagainya

Saya yakin bahwa, seorang Muslim yang Tekun Beribadah, Sholatnya baik, Puasanya Oke, Ngaji Baca Al-Qur’annya hebat, dan lain-lain, maka kejiwaan mereka adalah Di atas data-rata. Maka dari itu, usahakan agar sarana prasarana untuk Ibadah bagi Anggota adalah lengkap dan memadai bagus.

Itulah hal-hal yang menurut saya adalah harus ada atau wajib dilaksanakan di suatu Perkumpulan kelompok jika ingin para anggota nya menjadi Happy Bahagia, yang pada akhirnya akan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang hebat, karena Pegawai / Pekerja yang Antusias dan Bahagia, maka mereka Hatinya akan Hidup, dan anggota tersebut menjadi memiliki kondisi kejiwaan hati yang senantiasa Senang Bahagia Gembira Happy, mereka akan mampu menghasilkan Karya Terbaiknya. Saya yakin akan hal itu.

Semoga coretan ini bisa meng-inspirasi untuk Perkumpulan Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng (pada khususnya) dan semua kawan-kawan lain (pada umumnya). Salam. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Anggota #Bahagia #Kelompok #Yakin