Sedih, Budaya Bagus ini sedikit-sedikit jadi Menghilang

144 views
Sedih, Budaya Bagus ini sedikit-sedikit jadi Menghilang

Masjid dengan Kolam Dangkal di dekat pintu masuk. Sumber foto dari sini.

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Dalam Ajaran Agama Islam, Menjaga Kebersihan itu merupakan sebagian dari bukti seorang Muslim Beriman kepada Alloh SWT.

Dengan berpedoman dari hal tersebut saja, maka sudah sepantasnya Islam menjadi pelopor Misi Kebersihan.

Salah-satu hal yang menjadi membuat saya sedih (terkait dengan sistem kebersihan ini) adalah bahwa Zaman sekarang (Akhir Zaman), saya melihat sedikit sekali masjid yang memiliki Kolam dangkal di depan (dekat) pintu masuk Masjid nya.

Padahal, ada banyak manfaat dengan adanya kolam dangkal tersebut, yaitu diantaranya:

1. Ikut membantu Kebersihan Lantai Masjid secara keseluruhan, karena jelas sekali bahwa dengan setiap orang masuk masjid melewati air di kolam dangkal tersebut, maka kondisi kaki orang itu akan semakin bersih dan itu bisa membantu kebersihan lantai masjid secara keseluruhan.

2. Merupakan langkah teknik upaya untuk menerapkan dan mengaplikasikan budaya-budaya bagus – warisan Leluhur kita

3. Mengajarkan secara real nyata di lapangan tentang ketertiban, kerapihan, dan Kebersihan kepada anak-anak didik kita.

4. Membantu menjaga kesehatan kaki kita, karena kaki menjadi bersih dari berbagai kuman penyakit yang bisa saja menempel, lalu terbersihkan dengan adanya membasuh kaki (secara tidak langsung)

5. Membuat tata ruang masjid menjadi Unik dan menarik karena adanya Kolam Dangkal tersebut. Dan bisa jadi malah akan menjadi area bermain bagi anak kecil (bermain air) ; karena kita tahu dan faham bahwa kebanyakan anak kecil adalah suka bermain air. Dengan begitu, secara tidak langsung kita telah memberikan suatu kebaikan dengan membahagiakan / membuat Gembira dan Ceria anak-anak kita.

Itulah yang ingin saya sampaikan pada saat ini, semoga ini dapat meng inspirasi banyak pihak. Amin. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Bagus #Budaya #Hilang #Menghilang #Sedih