SALIRA Mengajak Pemuda Pemudi Barvic Bersama-sama Pelajari Pembenihan Belut

SALIRA Mengajak Pemuda Pemudi Barvic Bersama-sama Pelajari Pembenihan Belut

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Ini adalah Proyek Besar, Usaha Besar dan Berpeluang dapat berkesinambungan untuk jangka panjang.

Mengerjakan atau mempelajari pembenihan / pemijahan nya pun tidak main-main, juga tidak mudah, tapi bisa jika mau bisa, walau bisa saja membutuhkan waktu tahunan untuk sampai Bisa (jika dengan cara Otodidak).

Tapi Jika berani mengambil Kursus nya akan lebih cepat. Ada Kursus Budidaya Belut di daerah Banten, dan SALIRA sudah mengantongi data nya, tinggal mau nya. Biaya nya 750 Ribu Rupiah. Yang dipelajari di pelatihan budidaya belut tersebut adalah mencakup (1) Cara Budidaya Pembesaran Belut di Media Lumpur, (2) Budidaya Pembesaran Belut di Air Jernih (3) Cara Pemijahan / Pembenihan Belut, dan (4) Cara Budidaya Cacing Tanah (sebagai pakan utama belut, nantinya). Juga setelah pelatihan, para Alumni adalah boleh untuk terus konsultasi (baik berkunjung langsung lagi ke lokasi pelatihan, atau komunikasi jarak jauh via tlp sms WA dlsb) jika ternyata mengalami kendala dalam usaha praktek budidaya belut.

Kita kembali ke Topik artikel…..

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah Lahan Uji Coba Mempelajari Pemijahan atau Pembenihan Belut, tidak perlu luas, 3×3 meter juga sudah cukup (lalu dibagi-bagi misalnya jadi 3 tempat kecil). Dan Alhamdulillah, SALIRA sudah menyiapkannya (walau belum sepenuhnya layak untuk dijadikan lahan ujicoba, karena ada beberapa hal yang harus dilakukan rehab dulu).

Dalam proses rehab nanti, penutupan lubang-lubang yang dikawatirkan jadi tempat kabur belut adalah wajib dilakukan dengan cara di tembok.

Kolam ujicoba pembenihan belut ini, juga harus diberikan semacam pematang atau galengan untuk tempat pemijahan, agar belut mau meletakkan telurnya di galengan tersebut (yaitu di atas permukaan air).

Eceng Gondok, Alhamdulillah sudah berhasil di datangkan oleh salah-seorang Anggota Barvic yaitu Imat Abdul Mathin, tinggal menunggu perkembangbiakannya saja.

Kondisi air, juga sangat bagus, kolam ujicoba ini sudah bisa ter-aliri air yang mengalir 24 jam setiap hari yang bersumber dari Air solokan umum di atas sana.

Untuk Acara Mempelajari Budidaya Cacing Tanah (sebagai pakan utama belut), sampai sekarang (Kamis, 01 Maret 2018) adalah memang belum digarap. Ini tugas bersama. Jika dikerjakan bersama-sama, Insya Alloh, dengan Izin Alloh SWT, itu akan menjadi lebih mudah, lebih ringan, lebih kuat, dan yang paling terpenting adalah Lebih Berkah karena dikerjakan secara Berjamaah. Amin. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Barvic #Belut #Pembenihan #Pembenihan Belut #Pemuda #Pemudi #Salira