SALIRA Bercita-cita Ingin Agar BARVIC Kumpul Bekerja & Berkarya di Kampung, Sugih dan Berkah

SALIRA Bercita-cita Ingin Agar BARVIC Kumpul Bekerja & Berkarya di Kampung, Sugih dan Berkah

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Ini benar-benar Big Plan dan mungkin terkesan disebut “Keterlaluan Menghayalnya”. Tapi tidak demikian menurut SALIRA.

Kebanyakan Kesuksesan suatu Usaha adalah dimulai dari hal terkecil dahulu, tidak bisa langsung Waaaahhh Besar, terkecuali memang ada yang men-support secara khusus dari seseorang atau lebih yang memiliki “Segalanya”, baik dukungan berupa Pendanaan dan juga dukungan SDM nya, dll. Sedangkan untuk Kelas UKM (Usaha Kecil Menengah) yang dikelola oleh Rakyat Kecil ; tentunya tidak bisa langsung sukses demikian, apalagi sistem Management Usahanya memakai Sistem Perkumpulan Kelompok, dimana Kebersamaan dan Kesetaraan-lah yang ditonjolkan.

Ada fenomena yang sangat membuat sedih SALIRA ; yaitu bahwasannya dari waktu ke waktu, dari tahun ke tahun, semakin banyak Pemuda Pemudi Kampung yang kemudian berpindah ke Kota Besar untuk mendapatkan Penghidupan yang Lebih Layak bagi Kemanusiaan.

Hal itu tentunya bukan Mutlak Salah dari para Pemuda Pemudi Dusun. Mereka (termasuk Tim SALIRA dahulu), dengan “Terpaksa” melangkahkan kaki menuju Kota, meninggalkan kampung halaman karena memang sudah tidak ada lagi “sesuatu” yang diharapkan di kampung (dalam hal ini kita berbicara hal Finansial alias Uang). Maka solusi ter-praktis adalah Hijrah ke Kota Besar, dimana di Kota ada lebih banyak peluang pekerjaan yang lebih layak (menurut pola pikir pemuda & pemudi kampung).

Mungkin ada sebagian dari kita yang melontarkan ide/gagasan: “Jika begitu, Buka Usaha sendiri di kampung saja?” – Jawab: Tidak bisa semudah itu kawan, sekelas SDM lulusan SMU, kebanyakan tidak sanggup dan tidak mampu sampai memikirkan ke arah langsung Wiraswasta. Jangankan lulusan SMU, lulusan Kuliah pun – banyak yang belum sanggup untuk berani langsung terjun buka usaha sendiri.

Lalu, bagaimana solusinya agar para Pemuda Pemudi di Kampung, yang baru lulusan SMU dan Kuliah dapat tersemangati untuk Mau Berkarya di Kampung Halamannya?

Pertama-tama, kita seragamkan dulu Prinsip berikut ini:

Para Pemuda Pemudi di Kampung, Yakin mereka akan tetap berada di Kampung Halamannya Jika di Kampungnya ada Banyak Peluang Pekerjaan yang bisa memenuhi Kebutuhannya, Makan, Jajan, Beli Barang-barang dan Nabung. Jika tidak, mereka akan meninggalkan kampungnya dan Pindah ke Kota. Itulah yang terjadi dari tahun ke tahun hingga sekarang (20/02/2018), itu juga yang terjadi kepada Tim SALIRA ketika sama-sama masih Pemuda-Pemudi. 97% dari Kita dahulu (Pemuda Pemudi) tidak ada dan tidak sampai untuk berkeinginan Ingin Buka Usaha sendiri di kampung, benar-benar tidak sampai ke Se-Berani begitu. Dari kebanyakan orangtua nya pun tidak ada Motivasi / dorongan agar anaknya Buka Usaha Mandiri di Kampung.

Diakui atau tidak diakui, Tujuan Utama kita Sekolah dan atau Kuliah adalah Agar mudah Cari Kerja (baik kerja di Perusahaan Swasta, BUMN atau bahkan Jadi PNS). Itulah Mental Kita Bersama.

ADA SOLUSI / IDE kah?

Ada, SALIRA menghadirkan sebuah Solusi untuk itu. Bahwasannya kebanyakan manusia faham bahwa dengan Bekerja secara Bersama-sama maka akan didapat hasil kerja yang lebih Optimal, lebih hebat, lebih baik, dan hasil usaha nya akan lebih Berkah karena didukung oleh banyak orang yang semoga memiliki prinsip Beriman dan Bertaqwa kepada Alloh SWT, amin.

Mengelola Usaha secara Bersama-sama, selanjutnya saya sebut “Berjamaah” adalah solusi yang SALIRA tawarkan kepada para Pemuda Pemudi di Kampung, khususnya di ruang lingkup BARVIC (Barudak Picung).

Apa itu Usaha Berjamaah dan apa bedanya dengan Usaha Sistem BOS?

Didalam Sistem Usaha Berjamaah adalah tidak mengenal Atasan Bawahan, semua sama, yang membedakan adalah hanya pembagian tugasnya saja. Tugas Ketua, Tugas Bendahara, Tugas Sekretaris, Tugas Operator, Tugas Kebersihan, Tugas Supir, Tugas Keamanan, dan sebagainya. Semua memiliki kedudukan yang sama di Usaha Berjamaah. Dengan begitu, nilai Upah pun tidak dibeda-beda, semua sama. Lalu bagaimana dengan Sistem Kerja Sistem BOS?, itu tidak perlu saya terangkan, Antum pasti sudah faham sendiri.

Lalu, Bagaimana Cara Kerja dan Pendanaan serta pengembangan Usaha dari Usaha Berjamaah?

Hal itu sudah SALIRA jelaskan di halaman https://salira.co.id/about/

Semoga coretan ini bisa menyemangati SALIRA dan Sobat Salira semuanya. Amin. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Barvic #Bekerja #Berkah #Berkarya #Cita-cita #Kampung #Karya #Kerja #Kumpul #Lembur #Salira #Sugih