SALIRA akan Serius Garap Ujicoba Pembenihan & Pembesaran Belut Barvic

SALIRA akan Serius Garap Ujicoba Pembenihan & Pembesaran Belut Barvic

Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Dalam rangka Diversifikasi Usaha di Kelompok SALIRA, maka kami akan mengambil beberapa peluang usaha di bidang Pertanian, Peternakan, bahkan merambah ke Perikanan (walaupun kelompok kami status nya bukan Kelompok Perikanan).

Salah-satu target yang akan diusahakan dalam bidang Perikanan kami adalah Usaha Pembenihan dan Pembesaran Ikan Belut Barvic.

Seperti yang disebutkan di judul artikel, bahwa untuk saat ini, kami masih dalam proses mempersiapan Bak Semen untuk Ujicoba Pembenihan & Pembesaran Belut Barvic. Untuk ukuran Bak-baknya ; tidak akan terlalu besar, kecil-kecil saja yaitu dengan ukuran 2.5 meter x 2.5 meter.

Nantinya, di Bak-bak Ujicoba yang akan di bangun tersebut, terbagi kedalam Tiga Bak. Dua bak berukuran kecil (sekitar 50cm x 50cm per Bak nya) itu untuk Bak Ujicoba Pembenihan, sedangkan Satu lagi yaitu Bak dengan ukuran cukup luas yaitu sekitar 2m x 2m (untuk Bak Pembesaran).

Kedua Bak Pembenihan akan kami setting untuk ujicoba dengan menggunakan media Lumpur dan air mengalir tapi tak deras. Tinggi air nya kurang lebih 5 cm dari media lumpur (mencoba mengikuti habitat ikan belut asli nya di Alam). Sedangkan untuk Bak Pembesaran, akan kami ujicoba dengan menggunakan Kolam Air Jernih, jadi di Kolam Pembesaran itu tidak akan memakai media lumpur, cukup diberi air jernih yang mengalir (tapi tidak deras). Tinggi air nya adalah sekitar 20 cm. Lalu diberikan tanaman Eceng Gondok. Begitu juga dengan kolam Pembenihan, sama-sama diberi tanaman Eceng Gondok yang berfungsi sebagai tempat persembunyian dan juga tempat berteduh dari Terik panas matahari bagi Belut Barvic.

Tinggi Dinding Bak (dari permukaan air) adalah 80cm. Ini kami memutuskan 80cm karena dahulu pernah melakukan ujicoba pembesaran belut di Aquarium dengan tinggi hanya 40cm, ternyata ketika di intip di tengah malam, belut-belut seolah ingin keluar dari Aquarium dan memang hampir keluar jika tidak kami arahkan lagi ke bawah. Maka dari kasus itu, kami simpulkan bahwa tinggi bak harus cukup tinggi agar belut tidak bisa kabur keluar dari suatu bak, maka diambil nilai 80 cm.

Pakan utama untuk Ujicoba Pembenihan & Pembesaran Belut Barvic ini, adalah dengan diberikan Cacing Tanah. Dengan begitu, rangkaian proses ujicoba ini tentunya akan melibatkan acara Ujicoba Budidaya Cacing Tanah, yang nantinya akan digunakan sebagai pakan Utama Budidaya Pembenihan & Pembesaran Belut Barvic.

Demikian, semoga catatan ini bisa menambah menyemangati kami (khususnya) dan Sobat SALIRA (umumnya) yang sama-sama tertarik dengan peluang usaha Belut. Tentunya, kami sangat terbuka untuk nantinya bisa bertukar Ide, pemikiran, pengalaman dengan sobat semua, kita bisa saling berkunjung / silaturahmi pada saatnya nanti (dimulainya) hal Ujicoba Pembenihan & Pembesaran Belut Barvic ini. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #Barvic #Belut #Belut Barvic #Ikan #Pembenihan #Pembesaran #Salira #Serius #Ujicoba