Cool Edit Pro 2.0, Program Bagus untuk Keperluan Merekam Acara Ceramah (Pengajian)

Cool Edit Pro 2.0, Program Bagus untuk Keperluan Merekam Acara Ceramah (Pengajian)

Peternakan Ayam Petelur Salira Tasikmalaya – Ketika ada Pengajian Mingguan atau Pengajian Bulanan di tempat kita (misalnya di di Majelis Ta’lim – Masjid), maka sebaiknya Acara Ceramah pengajian tersebut kita rekam untuk dokumentasi agar dapat di dengar lagi ketika lupa oleh banyak orang, bahkan oleh orang yang kebetulan tidak ikut pengajian tersebut.

Memang ada banyak alat perekam suara jaman sekarang yang tergolong praktis seperti Mp3 Recorder portable dan sejenisnya, bahkan Handphone kita pun tentunya sudah bisa dijadikan alat merekam suara penceramah, tetapi kualitas suara yang dihasilkan adalah masih kurang baik (tidak jernih).

Sehingga, solusi alat perekaman yang lumayan jernih dan bagus adalah dengan kita menggunakan Laptop kita. Dengan bantuan Sistem Recording bawaan laptop dan Program Cool Edit Pro 2.0.

Cool Edit Pro 2.0 adalah Program Olah Suara dan Musik yang Professional yang sudah diakui banyak orang dengan kualitas hasil rekaman nya yang bagus.

Di update postingan ini, saya akan menunjukkan kepada Sobat Salira tentang cara singkat dan praktis bagaimana cara penyetingan / setting perekaman dengan bantuan Laptop dan Cool Edit Pro 2.0 tersebut, harapannya semoga dapat mempermudah Sobat Salira yang kebetulan sama-sama sedang mencari solusi sistem perekaman suara atau musik dengan kualitas suarau yang lebih baik.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Masukkan “Kabel Audio 3.5mm Male” ke bagian “Line-in” atau “Microphone” di Laptop

2. Sambungkan ke bagian “Output Pre-Amp Amplifier” Masjid (jika belum tersedia jalur tersebut, harus di rakit dahulu oleh teknisi Elektonika, mereka pasti faham)

3. Pada kabel sambungan (antara “Output Pre-Amp Amplifier” dengan bagian “Line-in” atau “Microphone” di Laptop tersebut), tambahkan-lah komponen Potensio agar kita bisa mengatur besar kecilnya volume Audio yang masuk ke Laptop

4. Suara yang masuk ke Laptop, Jangan terlalu over. Bisa di cek (di test) di program Cool Edit nya nanti, jika indikatornya sampai warna kuning atau lebih-lebih berwarna Merah, maka kecilkan volume suara yang dari output pre-amp amplifier tersebut dengan cara memutar Potensio ke arah kiri tentunya (yang sudah kita rakit tadi). Tenang saja, itu tidak akan menggangu volume utama Amplifier Masjid.

5. Selanjutnya, Sobat Salira tinggal mempelajari hal teknis cara perekaman di Cool Edit Pro 2.0 saja, banyak kok di Google sudah di share oleh orang lain, pakai saja kata kunci “Cara Merekam Audio / Musik dengan menggunakan Program Cool Edit Pro 2.0”.

Alhamdulillah, solusi untuk Merekam Acara Ceramah Pengajian Mingguan dan Bulanan di Majelis Ta’lim Masjid sudah ditemukan (Pipih Pirmansyah).

Tags: #Acara #Bagus #Ceramah #Cool Edit #Merekam #Pengajian #Pro 2.0 #Program #Rekam