Amar Ma’ruf Nahi Munkar: Mari Sama-sama Belajar Membudayakan 1Day1Juz

Amar Ma'ruf Nahi Munkar: Mari Sama-sama Belajar Membudayakan 1Day1Juz

Peternakan Ayam Petelur Salira Tasikmalaya – Untuk Anda Sahabat Salira yang beragama Islam (Muslim), tentunya, saya mengajak sahabat semua untuk Mari kita sama-sama Belajar membudayakan kegiatan 1Day1Juz / One Day One Juz / Membaca Al-Qur’an sebanyak 1 Juz Tiap Hari, sehingga dalam setiap bulan, kita bisa tamat khatam membaca 30 Juz Al-Qur’an.

Mungkin diantara Sahabat Salira ada yang merasa berat untuk mampu menjalankan hal demikian (padahal sahabat belum pernah mencoba nya). Maka saran saya, coba jalankan dulu dan memohonlah kepada Alloh SWT agar Alloh SWT memudahkan maksud / hajat sahabat tersebut, Berdo’a-lah agar di mampu kan sehingga sobat menjadi mudah dalam melaksanakan 1day1juz tersebut.

Dengan Izin dan Kuasa Alloh SWT, maka tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Ketika Gusti Alloh SWT menyatakan “Mampu…” maka Mampu/Jadilah hal tersebut menurut Alloh SWT.

Ada tips ringan agar mudah mengerjakan 1Day1Juz, yaitu dengan Membaca Al-Qur’an selepas mengerjakan Sholat Fardhu sebanyak 2 lembar. Kita tahu bahwa dalam setiap satu juz adalah ada sekitar 10 halaman, maka kita bagi 5, dan hasilnya adalah 2 halaman. Cobalah berusaha untuk membaca Al-Qur’an tiap selesai Sholat Fardhu sebanyak 2 halaman tersebut. Tidak melulu harus di baca di Masjid, bisa saja sobat membaca nya di ruangan khusus sobat (ruang kerja / rumah / kamar sobat dan lain-lain yang dirasa nyaman dan tidak banyak orang lihat), Intinya Tidak banyak di lihat Orang (jika tidak ingin di Cap Ria).

Untuk memudahkan Operasionalnya, maka saran saya adalah : Sobat sebaiknya membeli Al-Qur’an yang sistem terpisah Juz per Juz, jadi nanti akan dapat 30 buku kecil (per juz).

Dengan Al-Qur’an per Juz tersebut, maka InsyaAlloh dengan Izin Alloh SWT, semangat untuk mau menamatkan Juz dimaksud akan semakin besar. Akan berbeda dengan sobat menghadapi Al-Qur’an yang besar langsung 30 Juz, kebanyakan dari kita akan Menarik Nafas panjang dulu (tanda merasa sulit). Maka solusinya belilah Al-Qur’an sistem per Juz, nabung dulu, harga nya sekitar Rp. 60 Ribu s.d 80 Ribu an (syukur-syukur banyak donatur yang Ikhlas Wakap Al-Qur’an sistem Per Juz tersebut di daerah sobat tinggal).

Lumayan lah, buat nambal Dosa-dosa kita. Bikin dosa, tambal lagi, bikin dosa, tambal lagi. Tapi bikin dosa nya jangan yang disengaja (sudah tahu dosa, tapi tetap dikerjakan, itu Dosa yang disengaja).

Semoga bisa semakin menyemangati Saya dan Kamu. Amin. (Pipih Pirmansyah)

Tags: #1Day1Juz #Amar Ma'ruf #Belajar #Budaya #Nahi Munkar #One Day One Juz